19/01/2018

QS Abasa (1 - 16) : Fragmen 1 Tentang Teguran Allah pada Rasul SAW

Di dalam QS Abasa terdapat empat fragmen yang dapat diambil pelajaran nya bagi kita umat islam.
1. fragmen 1 : menceritakan peristiwa teguran Allah kepada Nabi SAW. (ayat 1-16)
2. fragmen 2 : tentang celakanya orang yang ingkar dan kafir (ayat 17 - 23)
3. fragmen 3 : mengarahkan hati manusia akan hal-hal yang sangat dekat dengan dirinya (ayat 24 - 32)
4. fragmen 4 : informasi tentang ash shaakhkhah "suara yang memekakkan"


Fragmen 1

Masa itu merupakan masa-masa awal dakwah dimana banyak halangan dan rintangan terhadap dakwah rasulullah terutama dari para pembesar-pembesar Quraisy saat itu. 

Suatu ketika Rasullullah sedang sibuk dalam sebuah pertemuan dengan para pembear Quraisy antara lain Utbah bin Rabiah, Syaibah bin Rabiah, Abu Jahal Amr bin Hisyam, Umayyah bin Khalaf dan Al Walid Ibnul Mughirah bersama Abbas bin Abdul Muthalib.  

Rasulullah dalam pertemuan itu bukanlah untuk kepentingan pribadinya melainkan untuk kemaslahatan dakwah islam. Beliau ingin membuat dakwah ini menjadi lebih lapang jika dapat menggaet para pembesar tadi. Karena selama ini mereka lah dengan kelompoknya yang menentang dakwah dengan harta, pengaruh dan kekuasaan mereka. Sungguh mulia niat dari Rasulullah.


Ketika itulah datang seorang tuna netra miskin bernama Ibnu Ummi Maktum. Ia  berkata " Wahai Rasulullah tolong ajarkan kepadaku apa yang telah diajarkan Allah kepadamu".  Ia mengulang perkataan tersebut padahal ia tahu bahwa Nabi sedang sibuk dengan urusan para pembesar Quraisy.
Maka Rasul tidak senang pembicaraan dan perhatiannya terhadap para pembesar tersebut terputus. Ketidaksenangan itu terpancar diwajah beliau, beliau bermuka masam dan berpaling. Tentu saja Ibnu Ummi Maktum tak dapat melihatnya.

Namun apa yang terjadi sesudah itu...
Disinilah Langit campur tangan untuk menyampaikan kata pasti dalam urusan ini. Datanglah celaan dari Allah. Celaan yang keras dan tegas.

Bahwa firman Allah yang mulia ini adalah lebih utama bagi mereka yang membuka hati dan dengan sadar meminta petunjuk. Dan tidak lah tepat mengabaikan orang seperti ini dibanding mengurusi orang-orang yang  telah nyata-nyata dengan sombongnya melawan firman-firman Allah.

Subhanalloh sekali.. silahkan diperhatikan dan di dalami ayat-per ayat dalam QS Abasa 1-16.
pembelajaran yang luar biasa bagi kita umat islam terlebih lagi para dai yang ingin menjadi pewaris dan pelanjut perjuangan Rasulullah SAW.

Setelah peristiwa itu, rasulullah selalu bersikap lemah lembut kepada Ibnu Ummi Maktum, bahkan beliau sering menyampa dengan berkata " Selamat bertemu dengan orang yang karena nya aku dicela oleh Tuhanku" Bahkan beliau pernah menjadikannya sebagai pengganti beliau dua kali setelah hijrah ke madinah. 


Sumber : Modul Tarbiyah Islamiyah Buku 2.1

2 comments:

Where to play roulette online | DMC
› how-to-play-roulette-online › how-to-play-roulette-online Nov 23, 2021 — Nov 23, 2021 Roulette game online, or blackjack, roulette is a classic version 용인 출장샵 of roulette, 대전광역 출장안마 Play at DMC. 밀양 출장안마 In a casino, roulette is the first option to 청주 출장안마 play the game 구미 출장안마